CUMI BAKAR


CUMI BAKAR

Request suami pengen dibuatkan cumi bakar. Saya kalo masak cumi sebenernya masih merasa belum lihai. Masak seafood yang satu ini emang butuh kehati2an. Kalo kelamaan nanti jadi alot kaya makan karet gitu. Kalo cuma bentar kok berasa kaya belum matang. Serba salah. Saya ga gitu hobby makan cumi jadinya jarang bikin. Sebenarnya saya masih merasa ini blm pas di lidah saya, tapi suami blg kok ya enak2 aja. Cuma bakarnya kurang kering aja katanya. Mungkin itu kali yak kenapa blm pas. Takutnya kalo kering malah jadi alot.

Bahan:
500gr cumi
1 buah jeruk nipis

Bumbu perendam:
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap inggris
1 sdm bawang putih bubuk (boleh pake 6 bawang putih yang dihaluskan)
1 sdm cabe bubuk (jika suka pedas)
2 sdm kecap manis
1/2 sdt gulpas
1/2 sdt lada

Cara:
Bersihkan cumi, ambil tulang plastiknya, hilangkan tintanya, bersihkan kulitnya. Siram dengan air jeruk nipis. Diamkan sekitar 15 menit. Bersihkan lagi.
Kerat2 salah satu sisi badan cumi. Kerat2 jangan sampai putus.
Sematkan kepala cumi kembali ke badan cumi dengan tusuk gigi.
Rendam cumi dengan bumbu perendam (saya rendam sekitar 6 jam). 
Bakar cumi diatas wajan anti lengket dan sesekali dioles bumbu perendam atau kecap manis.



LihatTutupKomentar
Cancel