OLLIE BOLLEN By : @anggiaekaputri



OLLIE BOLLEN
By : @anggiaekaputri

Assalamualaikum
Bismillah..Ketika waktu ga banyak tapi pengen makan donat, hihi.. bisa di sebut donat males, roti males atau apa lagi ya? Hihi pokoknya males alias ga sempetan kaya si akuh.. 🙄🙏🏻😄
.
Pengen donat tapi gak mau ribet. Aseli ini rasanya memang gak beda sama donat atau roti goreng, teksturnya juga empuk, apalagi kalo dimakan hangat2. . Alhamdulillah mantaaap..

Bahan :
300 g tepung terigu saya pake protein sedang/terigu serbaguna biasa
3 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sachet dikira2 ragi instan
1 butir telur ukuran besar kocok lepas
220 ml susu cair
50 ml air hangat kuku
30 g margarin/butter cair saya pake butter
100 g fruits mix atau chocochips : kismis, sukade, potongan apel, nanas, nangka dll ( saya pakai choco chips)
Gula halus secukupnya untuk taburan ( boleh + kayu manis bubuk kalo suka. Ini saya tambah 1SDM susu bubuk)

Cara Membuat :
Untuk mengecek ragi saya Campur 1 sdt gula pasir dengan ragi instan. Beri air hangat. Aduk rata dan diamkan selama 10 menit sampai mengembang dan berbuih. Kalau ragi tidak mau mengembang kemungkinan besar ragi sudah tidak aktif. Ganti dengan yang baru.
.
Campur terigu, gula pasir, Tuangi susu cair dan telur, aduk rata. Tuang ragi yang diuji tadi ke dalam adonan, aduk rata. Masukan butter cair dan garam. .
.
Aduk sampai terbentuk adonan yang licin dan lembut. Adonan cukup kental tapi lembut dan lengket. Tutup adonan dengan lap basah dan diamkan selama 30 menit atau sampai ngembang dua kali lipat.
.
Tambahkan potongan fruits mix / chicochips kedalam adonan, aduk rata.
.
Panaskan minyak dengan api sedang cenderung kecil. Masukan adonan kedalam minyak panas dengan bantuan dua buah sendok atau scoop es krim, usahakan bentuknya menjadi bulat meskipun gak beraturan krn adonan lembek. Tunggu sampai olie bollen mengembang dan berwarna cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan.
.
Sajikan dengan taburan gula halus di mix dengan sedikit kayu manis bubuk kalo suka saya pakai susu bubuk 1SDM. Kalo ada sisa simpan diwadah yang tertutup rapat. Tetep empuk kok meski udah dingin. Cius anak2 pasti suka..


LihatTutupKomentar
Cancel