KUE TALAM TARUTUNG Made by : @victoriasatchy



KUE TALAM TARUTUNG
Made by : @victoriasatchy

Apapun olahan dari tepung beras pasti enak ya 😍😍 Sudah lama sekali mau buat ini tapi gak jadi2. Ini versi kue talam dari salah satu daerah di Medan namanya Tarutung, (org medan pasti tau daerah Tarutung) nama kuenyapun disebut: Kue Talam Tarutung. Kue ini lezattt, bisa disajikan hangat atau dingin. Saya lebih suka dingin, jd hrs masuk kulkas dulu.

Bahan A Lapisan Coklat :
200 gr tepung beras
220 gr gula aren, sisir
20 gr gula pasir
750 ml air
1/4 sdt garam
5 lembar daun pandan

Bahan B Lapisan Putih :
50 gr tepung beras
130 ml santan kental (2 sachet santan kara)
370 ml air
15 gr gula pasir
1/4 sdt garam

Cara Membuat :
1. Lapisan coklat: campur air dan gula aren, masak dengan api kecil, tambahkan gula pasir, garam dan daun pandan, masak hingga mendidih dan gula larut, lalu saring. Biarkan sampai dingin.
2. Masukkan tepung beras bertahap, lalu aduk sampai rata dan tidak bergerindil. Masak dengan api kecil sampai mengental dan meletup2 (jangan sampai kental sekali ya). Tuang ke loyang, ratakan.
3. Lapisan putih: campur tepung beras, gula pasir, garam, santan, dan air. Aduk sampai rata dan tidak bergerindil, lalu masak dengan api kecil sampai mulai mengental dan meletup2. Lapisan ini lebih encer dari lapisan coklat. Tuang keatas lapisan coklat, ratakan. Tunggu sampai hangat, lalu masukkan ke kulkas minimal 2 jam. Keluarkan, potong2 dan sajikan 😍😍😍 #CookFromHome


LihatTutupKomentar
Cancel